Text
Panduan Guru : Pendidikan Pancasila - XII
Panduan Guru ini mengajak untuk membongkar sauh strategi pembelajaran berbasis aktivitas. Salah satunya ialah Alur pembelajaran ASIK (Analisis, Sesuaikan, Inisiatif, dan Kembangkan) dan Ranumkan (Rancang, Bangun, dan Menerapkan). Dikemas dalam aktivitas menganalisis kasus melalui studi literatur, menciptakan karya untuk mengatasi perundungan, dan permainan dalam mengatasi intoleransi dengan asesmen dan rubrik penilaian sederhana, tetapi mengena untuk mengukur keterampilan analisis, performa, kinerja, dan sikap. Alternatif strategi pembelajaran diberikan agar guru dapat melakukannya sesuai dengan kemampuan dan kondisi peserta didik.
Tiap bab disusun berdasarkan tujuan pembelajaran sebagai terjemahan dari capaian pembelajaran. Aktivitas diiringi dengan penjelasan konsep bab dan subbab yang aplikatif dari elemen Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI beserta uraian langkah-langkah pembelajarannya, untuk memudahkan guru menyusun alur tujuan pembelajaran sendiri berdasarkan kebutuhan.
Panduan Guru ini menjadi inspirasi bagi pendidik yang sangat mencintai khazanah ilmu dan pedagogi Pendidikan Pancasila dalam membentuk warga negara yang baik dan cerdas, dengan tidak mengunci kreativitas.
Tidak tersedia versi lain